Tips untuk Membersihkan Kotoran Membandel dan Menghilangkan Bau Tak Sedap dari Kulkas


Kulkas, peralatan krusial yang sudah umum berada di setiap dapur kita. akan sangat membantu kita menyimpan makanan dan minuman agar lebih tahan lama. Namun seringkali kulkas kita menjadi kotor karena terkena tumpahan juice, darah dari unggas/ikan/daging yang ingin kita masak, dan lain-lain. kotoran tersebut kadang lengket dan susah dibersihkan, bahkan tidak jarang meninggalkan bau yang tidak sedap.

Nah, karena fungsi utamanya adalah untuk menyimpan bahan makanan yang nantinya akan kita makan, maka seharusnya kulkas ini higienis dan bersih selalu, sehingga tentu saja pilih bahan pembersih yang non-toxic.

Berikut adalah resep DIY (Do-It-Yourself a.k.a homemade) untuk pembersih dan penghilang bau tidak sedap dari kulkas kita.

resep berikut diambil dan diadaptasi dari web keren ini.

Yang perlu kita siapkan:

  • 2 cup air hangat (setara dengan 237 x2 mL)
  • 1 cup Cuka (setara dengan 237 mL)
  • 2 sdt sabun cuci piring
  • essential oil wangi jeruk

Cara Membuat:

  1. Masukkan Cuka, sabun cuci piring dan essential oil ke dalam sebuah botol penyemprot
  2. isi botol dengan air hangat sampai penuh
  3. kocok dengan sempurna sebelum digunakan

Cara membersihkan kulkas dengan sempurna:

  • untuk kotoran yang lengket dan tebal pada rak kulkas,  semprot bagian yang terkena kotoran tersebut kemudian diamkan beberapa menit, setelah itu lap segera dengan menggunakan lap yang telah dibasahi dengan cairan pembersih yang telah dibuat tadi. setelah itu cuci dengan sabun dan bilas dengan air hangat, keringkan dengan sempurna sebelum dimasukkan kembali ke dalam kulkas
  • jika ingin membersihkan noda bekas ikan/unggas/daging mentah atau sejenisnya, bersihkan terlebih dahulu nodanya, kemudian bilas dengan air panas, setelah itu higieniskan dengan menggunakan cuka putih tanpa campuran apa pun, diamkan selama 5 menit, bersihkan dan keringkan.
  • bersihkan exterior seperti halnya interior.

lakukan hal ini secara berkala agar kulkas anda bebas dari bakteri dan bau tidak sedap, sehingga kualitas kesehatan kita meningkat.

Selamat Mencoba ! 🙂

 

 


Leave a Reply